latar belakang kewarganegaraan

Latar belakang pendidkan kewarganegaraan

Pengdidak moral terdiri dari dua kata, yaitu pendidikan dan kewarganegaraan . pendidikan kewarganegaraan dijadikan bahan dalam pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan . pengertian pendidikan menurut para ahli.diantara banyak pengertian tersebut ditengahkan sebagai berikut :

  1. Menurut UU sisdiknas No.20 tahun 2003 Bab 1 pasal 1 mengatakan : “ pendidikan adalah usaha dan terencanaan untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pemmbelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri , kerpibadian , kecerdasan , akhlak mulia serta keterampilan yang diperlikan dirinya,masyarakat ,bangsa dan Negara.
  2. Menurut Carter v. Good (1997) pendidikan adalah proses perkembangan kecakapan seseorang dalam bentuk sikap dan perilaku yang berlaku dalm masyarakatnya.

 

Dari beberapa pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa : pendidikan mengandung tujuan yang ingin dicapai, yaitu membentuk kemampuan indivindu mengembangkan dirinya, sehingga bermanfaat untuk kepentingan hidupnya sebagai seorang individu, maupun sebagai warga Negara dan warga masyarakat.

Dalam pendidikan nilai moral pendidikan kewarganegaraan meliputi :

  •  Batasan – batasan nilai moral

Pendidika nilai moral erat kaitannya dengan kebaikan , yang ada dalam sesuatu objek-subjek. Boleh jadi sesuatu objek-subjek itu baik tetapi tidak bernilai bagi seseorang dalamsuatu konteks peristiwa tertentu .

  • Pandangan masyarakat tentang nilai /moral

Dalam suatu masyarakat yang mejemuk dan berkembang tedapat berbagai pandangan tentang nilai. Sehingga seringkali terjadi karacuan dan penyimpangan tentang  pemaknaan nialai yang sesesungguhnya ( the alse sense of normally). Sehingga kerap terjadi berbagai kelompok, golongan , dan banga “ menginjak-injak nilai” yang mestinya dihorami dengan dalih yang “ indah-indah”.

Sebaliknya, orang menuntut hak  dan kebebasan pribadinnya  yang terlampau tinggi. Sehingga mengganggu hak asasi orang lain, kebebasan orang lain , sehingga terjadi.

  • Makna pendidikan moral

Makan “ pendidika moral “ adalah bertujuan membuat peserta didik untuk mengenali  nilai-nilai dan menempatkannya secara integral dalam konteks keseluruhan hidupnya. Pendidikan semakin pentinhg dan menempati posisi  sentral karna tingkat kadar kesatuan  dan kesatuan

 

Pengertian Negara

Negara merupakan organisasi diantara sekelompok / beberapa kelompok manusia bersama-sama mendiami suatu wilayah tertentu dengan mengakui adanya pemerintah yang menggusur tata tertib.

  • George gelinek

Negara adalah organisasi kekuasaan dari kelompok manusia yang telah berkediaman dalam wilayah tertentu.

 

  • Kranenburg

Negara adalah suatu organisasi yang timbul karena kehendak dari suatu golongan atau bangsa sendiri.

 

  • G pringgodigdo, SH

Negara adalah suatau organisasi kekuasaan atau organisasi kewibawaan yang harus memenuhi persyaratan atau unsure unsure,yaitu harus ada pemerintah yang berdaulat wilayah tertentu dan rakyat yang hidup dengan teratur sehingga merupkan suatu bangsa.

Menurut kamus lengkap bahasa Indonesia, Negara di artikan sebagai organisasi dalam suatu wilayah tertentu yang diatur oleh kekuasaan tertinggi yang sah dan ditaati oleh rakyat.

Negara merupakan integrasi antara pemerintah dan rakyatnya (Integralisme). Terdiri atas tiga unsure terbentuknya suatu Negara, yaitu

  1. Rakyat , yaitu masyarakat atau warga Negara
  2. Wilayah ,
  3. Pemerintahan.

Pengertian bangsa

Bangsa merupakan kumpulan manusia yang biasnya terikat karena kesatuan bangsa dan wilayah tertentu di muka bumi. Bangsa  (nation )  atau nasional , nasionalitas atau kebangsaan, nasionalisme atau paham kebangsaan. Para pakar di bidang politik,sosiologi , dan antropologi sering tidak sependapat mengenai makna istilah-istilah tersebut. Dikarenakan semua istilah tersebut dalam kajian sejarah terbukti mengandung konsep-konsep yang sulit untuk dirumuskan.

Hak dan kewajiban warga Negara

Hak dan kewajiban merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan, akan tetapi terjadi pertentangan karena hak dan kewajiban tidak seimbang. Bahwa setiap warga Negara memiliki hak dan kewajiban untuk mendapatkan penghidupan yang layak, tetapi pada kenyataanya banyak warga Negara yang belum merasakan kesejahteraan dalam menjalani kehidupannya . semua itu terjadi kerena pemerintah dan para pejabat tinggi lebih banyak mandahulukan hak dari pada kewajiban .

 

Beberapa contoh hak dan kewajiban sebagai warga Negara

 Hak warga Negara Indonesia

  • Hak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak : “ tiapa warga Negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kenmanusiaan “ ( pasal 27 ayat 2).
  • Hak untuk hidup dan mempertahankan kehidupan : “ setiap orang berhak untuk hidup serta berhak mempertahankan kehidupannya.”(pasal 28A).
  • Hak untuk membuat keluarga dan melanjutkan keturunan melalui perkawinan yang sah ( pasal 28B ayat 1).
  • Hak atas kelangsungan hidup,. “ setiap anak berhak atas kelangsungan hidup,tumbuh, dan berkembang”

Kewajiban warga Negara Indonesia

  • Wajib menaati hukum dan pemerintah . pasal 27 ayat ( 1) UUD 1945 berbunyi : segala warga Negara bersamaan kedudukanya didalam hokum dan pemerintahan dan wajib menjujung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya .
  • Kewajiban ikut serta dalam upaya pembelaan Negara. Pasal 27 ayat (3) UUD  1945 menyatakan : setiap warga Negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan Negara”.
  • Wajib menghormati hak asasi manusia orang lain . pasal 28J ayat 1 mengatakan : setiap orang wajib menghormati hak asasi manusia orang lain.

Peran sebagai warga Negara :

  1. Menjujung tinggi hokum dan pemerintahan
  2. Berpartisipasi aktif dalam pembangunan nasional
  3. Menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitar.
  4. Menciptakan kerukunan umat beragama.
  5. Ikut serta memajukan pendidikan nasioanal.

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s