KEWIRAUSAHAAN

Kewirausahaan adalah suatu usaha yang kreatif yang membangun suatu value (nilai) dari yang belum ada dan bisa di nikmati oleh orang banyak.

Wirausaha
Wira           : Berani,Pejuang,Gagah
Usaha        : Usaha
Wirausaha : Berani usaha mandiri

Kewirausahaan adalah meliputi semua kegiatan fungsi dan tindakan untuk mengejar dan memanfaatkan peluang dengan menciptakan suatu organisasi. Istilah wirausaha dan wiraswasta sering digunakan secara bersamaan, walaupun memiliki substansi yang agak berbeda.

Kewirausahaan sebagai proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yanglebih baik dalam menjalankan sesuatu. Hasila akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru yang dibentuk pada kondisi resiko atau ketidakpastian.

UTS Kewirausahaan

1. Jelaskan definisi Kewirausahaan menurut Ahli Ekonomi , Ahli Manajemen , dan menurut Pelaku usaha  !

Menurut Ahli Ekonomi :
Kewirausahaan adalah suatu kemampuan (ability) dalam berpikir kreatif dan berperilaku inovatif yang dijadikan dasar, sumber daya, tenaga penggerak tujuan, siasat kiat dan proses dalam menghadapi tantangan hidup.

Menurut Ahli Manajemen :
Kewirausahaan adalah suatu proses khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentukan.

Menurut Pelaku Usaha :
Kewirausahaan adalah suatu sikap, jiwa dan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain.

 

2.   Sebutkan faktor-faktor penyebab keberhasilan wirausaha

– Memiliki visi dan tujuan yang jelas.

– Inisiatif dan selalu proaktif.

– Berorientasi pada prestasi.

– Berani mengambil risiko.

– Kerja keras.

– Bertanggungjawab terhadap segala aktifitas yang dijalankannya.   Komitmen pada berbagai pihak.

– Mengembangkan dan memelihara hubungan baik dengan berbagai pihak.

 

3.   Sebutkan ciri dan watak yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan

Ciri-ciri seorang wirausaha :

• Percaya diri

• Berorientasikan tugas dan hasil

• Berani mengambil risiko

• Kepemimpinan

• Keorisinilan

• Berorientasi ke masa depan

• Jujur dan tekun

 

Sifat-sifat seorang wirausaha :

• Memiliki sifat keyakinan, kemandirian, individualitas, optimisme.

• Selalu berusaha untuk berprestasi, berorientasi pada laba, memiliki ketekunan dan ketabahan, memiliki tekad yang kuat, suka bekerja keras, energik dan memiliki inisiatif.

• Memiliki kemampuan mengambil risiko dan suka pada tantangan.

• Bertingkah laku sebagai pemimpin, dapat bergaul dengan orang lain dan suka terhadap saran dan kritik yang membangun.

• Memiliki inovasi dan kreativitas tinggi, fleksibel, serba bisa dan memiliki jaringan bisnis yang luas.

• Memiliki persepsi dan cara pandang yang berorientasi pada masa depan.

• Memiliki keyakinan bahwa hidup itu sama dengan kerja keras.

 

 

4.   Sebutkan tahap-tahap melakukan wirausaha

1.         Tahap memulai

Tahap dimana seseorang yang berniat untuk melakukan usaha mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan, diawali dengan melihat peluang usaha baru yang mungkin apakah membuka usaha baru, melakukan akuisisi, atau melakukan ‘’franchising’’. Tahap ini juga memilih jenis usaha yang akan dilakukan apakah di bidang pertanian, industri atau jasa.

2.         Tahap melaksanakan usaha

Dalam tahap ini seorang wirausahawan mengelola berbagai aspek yang terkait dengan usahanya. Mencakup aspek-aspek : pembiayaan, SDM, kepemilikan, organisasi, kepemimpinan yang meliputi bagaimana mengambil risiko dan mengambil keputusan, pemasaran, dan melakukan evaluasi.

3.         Tahap mempertahankan usaha

Tahap dimana wirausahawan berdasarkan hasil yang telah dicapai melakukan analisis perkembangan yang dicapai untuk ditindaklanjuti sesuai dengan kondisi yang dihadapi.

4.         Tahap mengembangkan usaha

Tahap dimana jika hasil yang di peroleh tergolong positif atau mengalami perkembangan atau dapat bertahan maka perluasan usaha menjadi salah satu pilihan yang mungkin diambil.

 

5.   Sebutkan kompetensi yang harus dimiliki wirausahawan

Mempunyai kepribadian yang kuat, tanda manusia yang berkepribadian kuat adalah memiliki moral yang tinggi. Manusia yang bermoral tinggi bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Memiliki sikap mental wirausaha, manusia yang bermental wiraswasta memiliki kemauan keras untuk mencapai tujuan dan kebutuhan hidupnya. Setiap orang mempunyai tujuan dan kebutuhan tertentu dalam hidupnya, sikap mental ini juga dicirikan dengan sifat kejujuran yang tinggi dan bertanggung jawab.

Memiliki kepekaan terhadap arti lingkungan, artinya manusia yang berjiwa wirausaha harus dapat mengenal lingkungannya, karena dengan ini manusia akan dapat mendayagunakan lingkungan secara efisien bagi kepentingan.

Memiliki keterampilan wiraswasta, untuk dapat menjadi manusia wiraswasta diperlukan beberapa ketrampilan seperti : keterampilan berpikir kreatif, keterampilan dalam kepemimpinan manajerial, keterampilan dalam bergaul sesama manusia.

Memiliki kemampuan untuk mencari informasi, dalam realita sering terjadi kekurang berhasilan dalam berwiraswasta disebabkan karena keengganan untuk mencari informasi tentang beberapa hal yang menyebabkan mengapa suatu usaha dapat berhasil. Banyak wiraswasta yang dalam menjalankan usaha hanya apa adanya. Mereka pada umumnya hanya menjalankan apa yang sudah ada walaupun dalam kenyataan usaha tersebut tidak mengalami perkembangan.

 

 

6.   Sebutkan 8 anak tangga menuju puncak karir menurut alma

1. Kemauan bekerja keras (Capacity for hard work)

 2. Mampu bekerjasama dengan orang lain (Getting things done with and through people).

 3. Penampilan yang baik (Good appearance).

 4. Keyakinan Diri (Self confidence).

 5. Pandai membuat keputusan (Making sound decision).

 6. Pendidikan (College education).

 7. Ambisi untuk maju (Ambition drive).

 8. Pandai berkomunikasi (Ambility to communicate).

 

7.   Sebutkan 4 kegiatan marketing plan

*   Analisis situasi

Sebelum menetapkan sasaran, anda perlu melakukan analisis terhadap faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kegiatan perusahaan.

*   Analisis SWOT

Analisis SWOT menyangkut 4 hal yaitu Strengh, Weakness, Opportunity, dan Threat. Analisis ini untuk menjawab pertanyaan “Where are we now?” sehingga dapat menyiapkan sasaran pemasaran lebih tepat.

*   Membuat Marketing Strategy

Langkah ini paling tidak memuat statement misi, objective dan focus strategy meliputi segment focus dan product positioning. Strategi ini kemudian diwujudkan dalam berbagai program pemasaran, yang biasanya meliputi kegiatan promosi, distribusi, dan lain-lain.

*    Forecast

Langkah ini memuat secara detail penjualan yang direncanakan bulan per bulan serta follow up dari perencanaan. Normalnya, rencana ini memuat pendapatan per produk, per wilayah, per channel, serta penanggung jawab masing-masing.

*   Penentuan budget

Langkah ini memuat secara detail biaya-biaya yang dikeluarkan bulan per bulan serta follow up dari perencanaan. Normalnya, rencana ini memuat program/ taktik pemasaran secara spesifik, siapa penanggung jawab, serta berbagai elemen kegiatan.

 

8.   Jelaskan apa yang dimaksud dengan AIDA+S

Model AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) adalah salah satu model hirarki respon yang   cukup popular bagi pemasar sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan pemasaran. Menurut model ini, alat promosi harus menarik perhatian, mendapatkan dan mendorong minat, membangkitkan keinginan, dan menghasilkan tindakan. Dalam membangun program komunikasi yang efektif, aspek terpenting adalah memahami proses terjadinya respon dari konsumen, misalnya dalam hal konsumen melakukan pembelian suatu produk, maka diperlukan pemahaman mengenai usaha promosi yang dapat mempengaruhi respon konsumen tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s