Sistem Informasi Manajemen

NAMA            : FITRI. MARWANINGSIH

NPM               : 48212167

KELAS          : 3DA01

JURUSAN      : D3 Akuntansi

TUGAS           : Sistem Informasi Manajemen

  • Sistem adalah perangkat unsur yg secara teratur saling berkaitan sehingga membentuk suatu totalitas dan susunan yg teratur dari pandangan, teori, asas dan metode.
  • Informasi adalah penerangan, pemberitahuaan kabar atau berita tentang sesuatu.
  • Manajemen adalah penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran. Pimpinan yang bertanggung jawab atas jalannya perusahaan.
  • Sebuah sistem informasi manajemen, atau SIM, adalah sebuah sistem informasi yang selain melakukan semua pengolahan transaksi yang perlu untuk sebuah organisasi, juga memberikan dukungan informasi dan pengolahan untuk fungsi manajemen dan pengambilan keputusannya. Gagasan sebuah system informasi yang demikian itu telah ada sebelum munculnya komputer.
    Namun komputer membuat gagasan tersebut menjadi kenyataan. Organisasi selalu membutuhkan sistem-sistem untuk mengumpulkan , mengolah, menyimpan, melihat kembali, dan menyalurkan informasi. Komputer telah menambahkan sebuah teknologi baru dan ampuh pada system informasi. Akibatnya, sebuah system informasi berdasarkan komputer akan betul-betul berbeda dengan sistem-sistem yang diolah secara manual atau elektro-mekanis.
  • Konsep Dasar SIM
  • Apa yang dimaksud dengan informasi? Informasi merupakan fakta, kejadian, statistik atau bentuk data lainnya yang dapat dipahami dan mempunyai arti, bernilai atau bermanfaat bagi seseorang untuk keperluan/pekerjaan tertentu.
  • Data pada umumnya harus diolah terlebih dahulu sehingga menjadi informasi yang dapat dipahami dan bermanfaat atau lebih bermanfaat.
  • Data, Information & Knowledge Data merupakan deskripsi dasar akan suatu, kejadian, aktivitas, dan transaksi yang dicatat, diklasifikasikan, dan disimpan tanpa suatu pengorganisasian sebelumnya.
  • Knowledge (pengetahuan) terdiri dari data dan/ atau informasi yang telah diorganisasikan dan diproses sehingga memberi pemahaman, pengalaman, pembelajaran, dan keahlian tertentu yang dapat diaplikasikan pada masalah bisnis yang dihadapi.

Informasi dalam Proses Bisnis Industri Manufaktur
Apa yang dimaksud dengan Teknologi Informasi?

  • Teknologi Informasi
  • berbagai teknologi (utamanya computer-based tool) yang digunakan manusia untuk bekerja dengan informasi dan mendukung pemenuhan kebutuhan informasi dan pemrosesan informasi suatu organisasi
  • Istilah umum yang menunjukkan berbagai teknologi yang membantu pengumpulan, penyimpanan, manipulasi/analisis, produksi, komunikasi, dan penyebaran informasi.
  • Mencapai kesuksesan bisnis melalui Teknologi Informasi “People menggunakan information technology untuk bekerja dengan informatio” “Teknologi informasi merupakan faktor penting dalam kesuksesan dan inovasi bisnis”
  • Sistem yang di gunakan di Direktorat Jendral Imigrasi adalah aplikasi GPP Satker 2014 yang digunakan untuk menghitung gaji pegawai, yang berupa tunjangan -tunjangan pegawai. aplikasi ini akan selalu updet karena dikeluarkan oleh KPPN (Kantor Pusat Perbendaharaan Negara).

Daftar pustaka :

http://agitardiansyah4891.blogdetik.com/pengertian-sistem-informasi-manajemen/

http://hasbiashshiddiqyhasanbassis.blogspot.com/2013/10/pengertian-dan-8-definisi-sistem.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s